Proyek Low Cost Green Car atau LCGC

mobil murah dari suzuki

Proyek Low Cost Green Car atau LCGC Pemerintah adalah kebijakan mengenai program kehadiran mobil murah dengan harga terjangkau oleh segala lapisan masyarakat serta ramah lingkungan dengan tingkat meminimalisi gas sisa pembakaran mesin kendaraan. Program ini sudah dipersiapkan sejak lama untuk menumbuhkan pasar mobil nasional serta mengurangi tingkat pencemaran udara akibat polusi dari kendaraan bermotor.

Seperti diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, M.S Hidayat pada hari Selasa, 4 Desember 2012 yang lalu di Jakarta, bahwa saat ini pihak dari Menperin tengah membahas regulasi terkait program LCGC ini di Badan Kebijakan Fiskal atau BKF.  Di lain kesempatan, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Tekhnologi Tinggi dari Kemenperin, Budi Darmadi berujar bila hal substansial mengenai regulasi ini telah rampung dan tinggal menunggu proses legalnya saja.

Dia menjelaskan bahwa dari tiga faktor investasi usaha yang diperlukan tinggal satu yang sedang dalam tahap penyelesaian. Pembebasan mesin dan peralatan serta fasilitas impor untuk bahan baku pra produksi telah selesai seluruhnya. Dan kini tinggal menunggu kebijakan tentang pengurangan Luxury Tax dengan persyaratan local content serta efisiensi bahan bakar.

Program LCGC tersebut juga berkembang sebagai LECP atau Low Emission Carbon Project yang nantinya akan memayungi regulasi mengenai mobil ramah lingkungan berbasis Hybrida, Diesel, gas, listrik, Biofuel maupun LCGC itu sendiri. Melalui program tersebut Pemerintah menawarkan pengurangan pajak barang mewah. Mengacu pada Thailand serta India yang telah terlebih dahulu menerapkan program ini, dimana Suzuki Alto menjadi mobil murah rendah emisi paling favorit di dunia saat ini. LCGC dan LECP diharapkan akan mendorong produsen serta APM untuk menghadirkan produk mobil berbasis rakyat dan eco friendly yang akan memacu perkembangan industri otomotif di tanah air.

Suzuki sebagai produsen otomotif terbesar kedua di Indonesia saat ini juga menyambut baik kebijakan tersebut. Manufaktur ini memang telah terkenal sebagai produsen mobil rakyat dengan line up terbaik dan harga kompetitif seperti Suzuki Ertiga Indonesia ataupun Mega Carry. Dan seperti diungkapkan oleh pihak dari Suzuki Indomobil Sales bila pihaknya akan menyambut baik serta menantikan regulasi mengenai Low Cost Green Car atau mobil murah yang ramah lingkungan ini.

Speak Your Mind

*